CEK FAKTA: Fadil Imran Dalang Utama Penembakan Habib Bahar bin Smith

Kabar itu beredar dalam bentuk video di YouTube.

Mode
Kamis, 01 Juni 2023 | 20:20 WIB
CEK FAKTA: Fadil Imran Dalang Utama Penembakan Habib Bahar bin Smith
CEK FAKTA, Fadil Imran Dalang Utama Penembakan Habib Bahar bin Smith. [Ist]

Beredar konten yang dimanipulasi soal Fadil Imran yang disebut dalang utama penembakan Habib Bahar Bin Smith. Kabar itu beredar dalam bentuk video di YouTube.

Namun, informasi itu tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.

Narasi yang diberikan adalah “Jadi Dalang Utama Pen3mbakan Habib Bahar Fadil Di Panggil Dpr Ri Untuk Di Adili  Viral News~”.

Akun YouTube dengan nama Lidah Rakyat yang diunggah pada 23 Mei 2023 kemarin dengan klaim seorang Komisaris Jendral Kapolda Metro Jaya dipanggil oleh DPR RI untuk diadili, sebab ia diduga menjadi dalang utama dari penembakan Habib Bahar bin Smith.

Baca Juga:CEK FAKTA: Dul Jaelani Bongkar Kebohongan Ayah Tirinya

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, faktanya, apa yang disampaikan di dalam video tersebut bukanlah perihal panggilan terhadap Komjen Fadil yang diduga menjadi dalang utama dari kasus penembakan Habib Bahar bin Smith.

Pengunggah justru lebih menyampaikan perihal kasus penembakan Habib Bahar bin Smith yang masih belum menemukan titik terang sebab tidak terdapat saksi dalam kejadian tersebut.

Tak hanya itu, dalam unggahan tersebut pengunggah pun justru menggunakan potongan-potongan video yang juga tidak mendukung dari klaim yang disampaikan pada judul. Contohnya saja, seperti penggunakan cuplikan video milik KompasTV yang diunggah pada 15 Mei 2023 yang berisikan kesaksian kepolisian terkait hasil visum luka milik Habib Bahar bin Smith.

Oleh sebab itu, video dengan klaim bahwa Fadil Imran merupakan dalang dibalik penembakan Habib Bahar bin Smith adalah konten tidak benar. Karena hingga saat ini masih tidak terdapat pernyataan resmi yang disampaikan oleh pihak kepolisian.

Baca Juga:Cek Fakta: Yuni Shara Selingkuh Dengan Irwan Musry Suami Maia Estianty

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Politainment

Terkini

Tampilkan lebih banyak